Bografi Mahfud Md

Mahfud MD adalah seorang politisi, akademisi, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia. Ia lahir di Sampang, Jawa Timur pada tanggal 13 Mei 1957. Mahfud MD adalah putra dari pasangan H. Muhaimin dan Siti Rukayah.

Mahfud MD menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1981. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan meraih gelar doktornya pada tahun 1993.


Karier politik Mahfud MD dimulai saat ia terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 1999. Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Mahfud MD diangkat sebagai Menteri Negara Koperasi dan UKM. Pada tahun 2004, ia terpilih kembali sebagai anggota DPR dan menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB.

Pada tahun 2008, Mahfud MD terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Mohammad Mahfud. Sebagai Ketua MK, Mahfud MD terkenal dengan sikap kritisnya terhadap kebijakan pemerintah dan berbagai kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Ia juga terkenal sebagai sosok yang mampu memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan lembaga kehakiman.

Setelah masa jabatannya sebagai Ketua MK berakhir pada tahun 2013, Mahfud MD kembali terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Demokrat. Ia juga sempat menjadi Ketua Dewan Kehormatan PAN pada tahun 2016. Pada tahun 2019, Mahfud MD diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Selain aktif di bidang politik, Mahfud MD juga merupakan seorang akademisi yang produktif. Ia pernah menjadi dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia. Ia juga telah menulis sejumlah buku tentang hukum dan politik, di antaranya adalah "Hukum dan Perubahan Sosial" dan "Menggugat Konstitusi: Melawan Ketidakadilan Sosial".

Dalam karier dan kehidupannya, Mahfud MD dikenal sebagai sosok yang kritis, jujur, dan tegas dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. Ia terus berjuang untuk memperbaiki kondisi bangsa dan negara Indonesia serta mendorong terciptanya masyarakat yang lebih adil dan sejahtera

Posting Komentar untuk "Bografi Mahfud Md"